Setelah Dipelopori Bupati, Kades Ini Ikut Galakkan Safari Ramadhan di Desanya

Posted on 00 0000


Setelah Dipelopori Bupati, Kades Ini Ikut Galakkan Safari Ramadhan di Desanya

sumber-HUMAS RABU, 29 MEI 2019

Saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Darussalam Dukuh Sonean, Desa Purworejo, Kecamatan Margoyoso, Selasa malam (28/5), sebagaimana biasanya Bupati Pati Haryanto melaksanakan shalat tarawih sekaligus menyalurkan bantuan sarana-prasarana tempat ibadah.

Kali ini, untuk Masjid Darussalam, bantuan yang diserahkan ialah senilai Rp 20 juta. Tak hanya menyalurkan bantuan, Haryanto juga menyarankan kepala desa dan takmir masjid setempat untuk kembali mengajukan permohonan bantuan pada 2020 mendatang. Saran tersebut diberikan lantaran Bupati Haryanto melihat pembangunan Masjid Darussalam belum tuntas.

"Tadi sebelum tarawih Pak Bupati melihat-lihat bangunan masjid ini. Beliau lihat bangunan utama masjid belum dipasangi plafon eternit. Karena itu Pak Bupati menyarankan untuk mengajukan proposal lagi untuk Tahun Anggaran 2020. Saya sudah sampaikan pada Pak Modin  untuk menyiapkan proposalnya," ujar Kades Purworejo Kecamatan Margoyoso, Ismunardi.

Pada kesempatan tersebut, Haryanto juga menegaskan, meski terkadang merasa lelah karena hampir setiap malam harus mengunjungi berbagai penjuru Pati, ia bersama jajaran Pemkab Pati berkomitmen untuk melestarikan program Safari Ramadan. "Kalau merasa capek, mungkin lebih enak salat di tempat masing-masing bersama keluarga. Tapi kami berniat melestarikan program ini. Sebab, kami punya niatan baik," jelasnya.

Haryanto menjelaskan, niatnya dalam melaksanakan Safari Ramadan ialah untuk beribadah bersama masyarakat sekaligus melihat kondisi masyarakat di seluruh penjuru Pati. "Alhamdulillah di Pati ini, seluruh wilayah tergolong aman, damai, dan tenteram," ucapnya. Haryanto juga mengimbau masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan pasca Pemilu. "Tidak perlu ikut ajakan negatif. Jangan mau dibenturkan dan dipecah-belah," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Kades Purworejo, Ismunardi juga menyampaikan bahwa ia pun memiliki program Safari Ramadan. "Selama saya menjabat, setiap bulan puasa saya beserta perangkat desa juga melakukan tarawih keliling di masjid maupun mushola yang ada di lingkungan desa," ujarnya. Menurut Ismunardi, Safari Ramadan bermanfaat untuk mendekatkan hubungan aparatur pemerintahan dengan masyarakat.

"Siapa pun pemimpinnya, kalau dekat dengan masyarakat dan sering silaturahim, pasti disenangi masyarakat selamanya. Karena itu, program Safari Ramadan yang dipelopori Bupati Haryanto merupakan kegiatan yang sangat baik," tuturnya. Selain penyerahan bantuan sarana-prasarana tempat ibadah dari Pemkab Pati, Safari Ramadan kali ini juga diisi dengan penyerahan bantuan mushaf Al-Quran dari PCNU Pati. (fn1 /FN /MK)


Search
Categories